Tempat Wisata Menarik Yang Ada Di Turki

gambar wisata turki

Turki menawarkan banyak objek wisata yang berbeda bagi para wisatawan. Dari bangunan kubah dan menara yang memenuhi langit Istanbul hingga reruntuhan Romawi di sepanjang pantai barat dan selatan dari pantai Antalya. Serta resort tepi laut Mediterania hingga pegunungan berkabut di Laut Hitam Timur. Dengan begitu banyak objek wisata yang menakjubkan, inilah beberapa tempat wisata yang bisa dikunjungi saat berada di Turki.

 1. Hagia Sophia

Hagia Sophia Terletak di Istanbul, Hagia Sophia pada awalnya adalah basilika yang dibangun untuk Kaisar Romawi Timur Justinian I pada abad keenam. Sebuah karya besar teknik Romawi, kubah besar itu berdiameter 31 meter atau 102 kaki yang selama lebih dari 1000 tahun merupakan ruang tertutup terbesar di dunia. Gereja dijarah oleh Tentara Salib keempat pada 1204, dan menjadi masjid di abad ke-15 ketika Ottoman menaklukkan kota. Hagia Sophia diubah menjadi museum pada tahun 1935 dan sekarang menjadi salah satu daya tarik utama di Turki.

2. Library of Celsus

Reruntuhan Ephesus adalah objek wisata populer di pantai barat. kota Efesus pernah terkenal karena kuil Artemis, salah satu dari tujuh keajaiban tujuh dunia kuno yang hancur oleh massa yang dipimpin oleh Uskup Agung Konstantinopel di 401 AD. Beberapa struktur masih dapat dilihat termasuk Teater Besar dan Perpustakaan Celsus. Perpustakaan ini dibangun sekitar tahun 125 M untuk menyimpan 12.000 gulungan dan berfungsi sebagai makam monumental bagi Celsus, gubernur Asia. bangunan itu dengan hati-hati direkonstruksi pada tahun 1970-an menjadi bentuk yang sangat bagus dari karya aslinya.

3. Blue Mosque

Dengan arsitektur enam menara dan luasnya, Sultan Ahmed atau Masjid Biru di Istanbul sangat mengesankan dari luar. Meski masih digunakan sebagai masjid, Blue Mosque juga menjadi salah satu tempat wisata paling populer di Istanbul. Dibangun antara tahun 1609 sampai tahun 1616 dan seperti banyak masjid lainnya, masjid ini berisi makam pendirinya. Di dalam masjid, langit-langit yang tinggi dipagari dengan 20.000 ubin biru dengan pola yang berbeda yang menjadikan masjid ini terkenal dengan nama Blue Mosque.

4. Goreme Fairy Chimneys

Cappadocia terkenal dengan formasi batuan alam yang aneh dan indah dan warisan sejarah yang unik. Salah satu tempat terbaik untuk melihat formasi aneh ini adalah kota Göreme, yang terletak di antara sejumlah besar tufa kerucut, disebut cerobong peri. Cerobong asap yang terbentuk sebagai akibat dari erosi angin dan air dari dua lapisan vulkanik yang berbeda yaitu, lapisan tebal tufa (abu vulkanik terkonsolidasi) ditutupi oleh lapisan basal tipis yang lebih tahan terhadap erosi. Karena kemudahan ukiran ke tufa, banyak cerobong peri di Cappadocia telah dilubangi selama berabad-abad untuk menciptakan rumah, gereja, dan fasilitas penyimpanan.

5. Mount Nemrut

Nemrut adalah gunung setinggi 2.134 meter di dekat kota adiyaman sebelah tenggara Turki. Pada tahun 62 SM, Raja Antiochus I Theos dari Commagene membangun sebuah tempat perlindungan untuk menjadi makam yang diapit oleh patung besar dirinya, dua singa, dua elang dan berbagai dewa Yunani, dan Persia di puncak gunung. Puncak Gunung Nemrut memberikan pemandangan indah ke pegunungan di sekitarnya. Daya tarik utama Mount Nemrut adalah menyaksikan matahari terbit dari timur yang memberi pemandangan yang indah dan menambah kesan misteri tempat itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *