Ragam Hayati Kabupaten Kapuas Hulu

Kabupaten Kapuas Hulu ialah salah satu destinasi wisata yang menawarkan keelokan alam asli Pulau Kalimantan, serta kebudayaan warga lokal yang tinggal di dekat kawasan hutan. Perihal ini pastinya jadi energi tarik tertentu untuk turis.

Pulau Borneo tidak henti- hentinya menawarkan sejuta keelokan untuk siapapun yang mengunjunginya. Tidak terkecuali di Kabupaten Kapuas Hulu, Putussibau, Pontianak, Kalimantan Barat. Kapuas Hulu merupakan Kabupaten multi etnis yang terdiri dari etnis Melayu Kalimantan, Dayak, Tionghoa, sampai pendatang dari Minang.

Walaupun Kabupaten Kapuas Hulu posisinya jauh dari pusat kota Kalimantan Barat, tetapi tidak berarti tempat ini tidak mempunyai kemampuan wisata yang menarik. Ini sebagian wisata yang dapat kita kunjungi dikala terletak di Kapuas Hulu.

Halaman Nasional Danau Sentarum

Kawasan Halaman Nasional Danau Sentarum mempunyai makna berarti bagaikan pengatur tata air natural di Sungai Kapuas. Danau yang berlokasi di lahan basah ini sangat dilindungi di dunia, sebab keanekaragaman biologi khas Borneo yang terdapat di situ.

Danau ini pula mempunyai kekayaan flora serta fauna yang sangat kaya, serta tidak dipunyai wilayah lain. Di Danau Sentarum kita dapat memancing serta menciptakan 266 tipe ikan, yang dekat 78 persen di antara lain spesies endemik Kalimantan. Normal jika kawasan ini sangat dilindungi kelestariannya.

Rumah Betang Kapuas Hulu

Rumah Betang Sao Langke Adat Dai Bolong Pambean ialah rumah adat tertua di Bumi Uncak Kapuas, sekalian diresmikan bagaikan web cagar budaya di Kapuas Hulu. Terletak di Desa Banua Tengah, Kecamatan Putussibau Utara, Rumah Betang mempunyai 40 pintu. Arsitektur bangunannya sangat unik, serta memiliki penduduk yang ramah- tamahan membuat banyak turis dari mancanegara kerap berkunjung ke Rumah Betang ini.

Desa Wisata Meliau

Dusun Wisata Meliau terletak di dalam Halaman Nasional Betung Karihun serta Danau Sentarum, Kapuas Hulu, Kalimantan Barat. Tidak hanya menikmati panorama alam yang hijau serta fresh, sebagian aktivitas yang menarik para wisatawan yakni menjelajahi hutan di bukit Peninjau sampai memancing di Sungai Lewoyan. Di hutan Peninjau kita dapat menikmati keragaman biologi Kalimantan. Jika beruntung dapat berjumpa hewan sangat jarang, monyet ekor panjang, burung elang, serta orangutan.

Halaman Nasional Betung Kerihun

Tidak hanya diketahui dengan keelokan alamnya yang asri, Halaman Nasional Betung Kerihun pula jadi pusat kajian serta riset biodiversity hutan tropika basah, dan Ramsar yang terdapat di pulau Kalimantan.

Banyak aktivitas yang dapat kita jalani di kawasan Halaman Nasional Betung Kerihun, semacam menjelajahi hutan sembari menyusuri sungai di dekat kawasan halaman nasional, melihat bermacam- macam flora serta fauna endemik yang menghuni halaman nasional, sampai kemping di tengah hutan tropis Kalimantan.

Mengingat halaman nasional ini dilewati ratusan aliran sungai, terdapat opsi aktivitas berolahraga air yang dapat kita coba, semacam rafting, whitewater trekking, ataupun river tubing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *