Melakukan Perawatan Pintu Aluminium

gambar pintu aluminium

Pintu Aluminium- Tentunya semua orang sudah mengenal dan tak asing lagi dengan pintu yang satu ini, pintu aluminium. Hampir semua orang menggunakan pintu aluminium ini. Selain itu, penggunaan pintu aluminium juga tidak hanya di rumah hunian saja, melainkan juga di hotel, di penginapan wisata, di apartemen, di rumah kos, di toko, dan masih banyak lagi. Alasan banyaknya yang menggunakan pintu aluminium ini sudah jangan ditanyakan lagi. Sebab mungkin anda juga sudah mengetahuinya, yaitu salah satunya adalah karena kelebihan yang mungkin tidak ada pada pintu berbahan lain. Kelebihan yang dimiliki pintu aluminium yakni, memiliki berbagai model dan warna bahkan kini sudah ada warna dengan motif serat kayu, kuat dan tahan lama, memiliki bobot yang ringan sehingga memudahkan pemasangan, memiliki ketebalan yang beragam, tidak akan dimakan rayap, tidak akan berubah ukuran saat perubahan cuaca, dan yang paling penting adalah memiliki perawatan yang mudah untuk dilakukan. Ini akan sangat cocok untuk anda yang memiliki jadwal sibuk dan hanya punya sedikit waktu untuk beberes rumah. Dengan perawatan yang mudah tentunya lebih praktis, tak membutuhkan waktu lama, serta menghemat biaya. Tunggu apalagi, anda bisa  mencobanya sendiri. Ada dua cara untuk melakukan perawatan pintu aluminium, yaitu:

  1. Jika ada kotoran yang menempel pada pintu aluminium, anda hanya perlu mengusapnya dengan kain yang telah dibasahi menggunakan air biasa.
  2. Namun, jika kotoran sudah lama menempel atau agak membandel anda harus membersihkannya dengan cairan khusus yang sudah ada di toko bangunan. Sekedar tips, walaupun kotoran sudah membandel, anda harus membersihkannya secara perlahan agar cat tidak luntur.

Nah, selain itu ada beberapa tips untuk perawatan pintu aluminium agar tetap awet. Ayo simak penjelasan berikut ini!

1. Menyemprot dengan air

Bagian luar jendela dan pintu aluminium adalah bagian yang mudah terkena kotoran dan debu. Anda harus memperhatikannya secara ekstra dan rutin untuk membersihkan agar tidak menempel terlalu lama. Sebab jika kotoran menempel terlalu lama, mungkin akan sulit untuk dibersihkan. Langkah pertama yang bisa anda lakukan adalah menyemprot pintu aluminium dengan air. Anda juga bisa mencampurnya dengan sabun. Namun, jika kotoran yang sulit dihilangkan, anda bisa menggunakan cairan pembersih khusus pintu aluminium.

2. Mengelap dengan kain

Langkah berikutnya yang harus anda lakukan adalah mengelapnya dengan kain. Usahakan anda melakukannya secara perlahan dan lembut agar pintu aluminium tidak lecet dan warna cat tetap terjaga. Gunakan lap dengan kain yang lebut atau tidak kasar agar saat mengelap butiran kain tidak menempel pada pintu aluminium.

3. Memoles

Jika anda menginginkan pintu aluminium tetap mengkilap dan awet, anda bisa memolesnya dengan bahan pengkilap khusus aluminium yang sudah banyak beredar di pasaran. Namun, bagi anda yang tidak ingin mengeluarkan biaya terlalu banyak, anda bisa menggunakan bubuk pencuci piring, lalu gosok secara perlahan menggunakan spons. Bilaslah pintu aluminium sampai benar-benar bersih dan jangan sampai ada sisa sabun yang menempel.

Harus membersihkan pintu aluminium berapa kali dalam seminggu? Semua tergantung pada kebutuhan anda, jika pintu aluminium berada di tempat yang mudah terkena kotoran anda bisa membersihkannya 3-4 kali. Namun, jikalau pintu aluminium berada pada tempat yang tidak mudah kotor anda bisa membersihkannya 2-3 kali ataupun mengelapnya saja. Demikian sedikit ulasan mengenai Melakukan Perawatan Pintu Aluminium. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *