Jenis Pemeriksaan dan Kisaran Biaya Medical Checkup Murah di Jakarta

Pemeriksaan tubuh secara keseluruhan atau medical checkup merupakan hal yang penting untuk dilakukan demi mencegah penyakit yang bisa saja menyerang. Melalui medical checkup seseorang juga bisa mengetahui jika ada hal yang tidak normal di dalam tubuh. Medical checkup (MCU) biasanya melibatkan hasil pemeriksaan laboratorium karena pasien akan diperiksa darah serta urine dan cairan di dalam tubuh lainnya untuk melihat kadar dan kandungan yang dapat menjadi indikator sebuah kesehatan. Harga MCU sendiri cukup beragam karena ada banyak program atau pilihan paket yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan. Jika Anda berada di Jakarta dan membutuhkan informasi seputar jenis pemeriksaan dan biaya medical checkup murah di Jakarta , informasi berikut ini mungkin bisa dijadikan referensi.

Dalam MCU dasar, pasien akan diperiksa dengan cara mengambil darah dan urine untuk diperiksa sesuai dengan kebutuhannya. MCU sendiri bisa dipilih berdasarkan kategori paket yang disediakan oleh instansi laboratorium klinik atau dipilih oleh dokter sesuai dengan kebutuhan atas pasiennya tersebut. Pasien juga bisa menentukan untuk memilih pemeriksaan apa yang sekiranya dibutuhkan untuk tujuan tertentu. sebagai contoh, berikut ini adalah beberapa jenis pemeriksaan laboratorium yang bisa menjadi salah satu poin dalam MCU beserta kisaran harganya di Jakarta:

  1. Analisa gas darah.
    Merupakan pemeriksaan asam basa di dalam tubuh dengan mengambil sampel darah melalui pembuluh arteri. Dari pemeriksaan ini juga bisa diketahui kondisi kesehatan sistem pernafasan. Harga untuk pemeriksaan analisa gas darah ini sekitar Rp. 350 ribuan.
     
  2. Cek asam urat dan kolesterol.
    MCU yang umum dilakukan untuk para manula adalah cek asam urat dan kolesterol dengan mengambil cairan sendi ataupun darah. Cek asam urat dan kolesterol bisa menjadi salah satu dari beberapa pemeriksaan yang dibutuhkan pasien. Harga untuk masing-masing pemeriksaan ini sekitar Rp. 60 ribuan.
     
  3. Ekokardiografi.
    Merupakan pemeriksaan yang ditujukan untuk mengetahui kondisi jantung termasuk kekuatan otot jantung dan apakah ada bagian jantung yang mengalami penyumbatan oleh cairan. Dilakukan dengan gelombang suara untuk melihat gambaran jantung dan ada atau tidaknya cairan di dalam rongga jantung. Pemeriksaan ini cukup mahal dengan biaya sekitar Rp. 900 ribuan.
     
  4. Elektrodiagram.
    Merupakan pemeriksaan dengan teknik kelistrikan untuk mendapatkan gambaran atau diagram aktivitas jantung. Dengan kemampuan membaca diagram dari EKG ini, dapat diketahui jika ada masalah pada jantung pasien. Harga pemeriksaan ini sekitar Rp. 150 ribuan.
     
  5. Pemeriksaan fungsi ginjal.
    Dilakukan dengan memeriksa urine untuk melihat kandungan zat yang ada di dalamnya. Pemeriksaan urine sering menjadi pemeriksaan laboratorium rutin dengan biaya sekitar Rp. 60 ribuan.
     
  6. Pemeriksaan prostat.
    Dilakukan untuk pria demi mengetahui ada atau tidaknya gangguan pada prostat termasuk sel kanker. Harga pemeriksaan ini berkisar antara Rp. 500 ribuan.
     
  7. Skrining hepatitis.
    Merupakan pemeriksaan untuk mengetahui ada atau tidaknya keberadaan penyakit hepatitis. Biaya pemeriksaan ini sekitar Rp 500 ribuan.
     
  8. Test HIV.
    Digunakan untuk mengetahui apakah seseorang memiliki HIV Positif atau negatif. Pemeriksaan ini membutuhkan biaya sekitar Rp. 400 ribuan.
     

Biaya medical checkup murah di Jakarta bisa Anda dapatkan dengan cara memilih beberapa paket dan menjadikannya satu paket besar. atau Anda bisa juga memilih langsung pilihan paket MCU yang disediakan oleh laboratorium klinik untuk menghemat biaya. Semakin banyak keluarga atau karyawan yang didaftarkan untuk melakukan MCU juga bisa menambah diskon biaya pemeriksaan.
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *